FINGERPRINT SENSOR

FINGERPRINT SENSOR

Sensor / pemindai sidik jari adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Biasanya penggunaan sensor ini digunakan untuk sistem absensi maupun sistempengontrol akses ke dalam suatu ruangan, hinggga sebagai identitas pribadi seperti yang terdapat pada SIM ataupun passport.
A. POLA SIDIK JARI
Secara umum pola sidik jari dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu loop pattern, whorl pattern dan arch pattern. Pola – pola sidik jari inilah yang digunakan untuk membedakan sidik jari secara umum, namun untuk mesin pemindai sidik jari pembedaan seperti itu tidaklah cukup. Untuk itu mesin tersebut dilengkapi dengan metode pengenalan lain yang disebut “ minutiae “.

Loop Pattern
Loop Pattern

Whorl Pattern
Whorl Pattern

Arch Pattern
Arch Pattern

Apa itu minutiae?
Jawab : Minutiae adalah rincian dari sidik jari yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti ‘ barang tidak berarti ‘ atau ‘ rincian tidak penting ‘.
Rincian Sidik Jari
Rincian Sidik Jari

Untuk lebih jelasnya, minutiae pada sidik jari adalah titik – titik yang mengacu pada crossover ( persilangan dua garis ), core ( putar – balikan sebuah garis ), bifurcation ( percabangan sebuah garis ), ridge ending ( berhentinya sebuah garis ), island ( garis yang sangat pendek ), delta ( pertemuan tiga buah garis yang membentuk sudut ), dan pore ( percabangan sebuah garis yang langsung diikuti dengan menyatunya kembali percabangan tersebut sehingga membentuk sebuah lingkaran kecil ).
B. TEKNIK PEMBACAAN SIDIK JARI
1. Optis
Pola sidik jari direkam dengan mengunakan cahaya yang berasal dari alat yang disebut kamera digital. Kelemahan metode ini adalah hasil scanning sangat tergantung dari kualitas sidik jari.
2. Ultrasonik
Dalam teknik ini, digunakan suara dengan frekuensi tinggi yang berfungsi untuk menembus lapisan epidermal kulit. Setelah itu, pantulan energi tersebut ditangkap menggunakan alat yang sejenis ( transduser pizoelektrik ). Pola pantulan ini digunakan untuk menyusun citra sidik jari yang dibaca.
3. Thermal
Menggunakan perbedaan suhu antara ridge dan valley sidik jari untuk mengetahui pola sidik jari. Cara yang dilakukan adalah dengan menggosok ujung jari ke scan are sehingga didapatkan pola sisik jari tersebut.

Referensi :
http://fingerspotsolo.blogspot.com
http://www.mesinabsensifingerprint.com

Tinggalkan komentar