Chemicals and Physics Sensor

                                                                             SENSOR

Sensor adalah suatu alat atau komponen yang berfungsi untuk medeteksi keberadaan suatu benda, zat, partikel, dll. Terdapat beberapa macam sensor di dunia ini, akan tetapi dalam hal ini kita akan membahas sensor kimia dan fisika.

1. SENSOR KIMIA

    a. Pengertian
Sensor kimia adalah suatu sensor yang digunakan atau di design untuk mendeteksi adanya    keberadaan suatu zat kimia di dalam suatu ruangan. Sensor ini termasuk sensor non – esensial.

    b. Kategori Sensor Kimia

        1) Direct Sensor
Adalah sensor yang cara kerjanya berdasarkan reaksi kimia yang menghasilkan besaran listrik seperti resistansi, arus, tegangan.

Y

Contoh direct sensor :

             a) Metal Oxide Chemical Sensor
Contoh sensor ini yaitu Tin Dioxide SnO2, sensor ini digunakan untuk mendeteksi gas seperti Methyl Mercaption (CH3SH) dan Ethyl Alcohol (C2H5OH).

N

Prinsip kerjanya :
Pada saat SnO2 menerima konsentrasi Methyl Mercaption (CH3SH) dan Ethyl Alcohol(C2H5OH) maka SnO2 akan memanas, oksigen dihisap oleh permukaan kristal pada SnO2 maka aliran electron pada SnO2 akan terhalangi, sebaliknya jika konsentrasi Methyl Mercaption (CH3SH) dan Ethyl Alcohol (C2H5OH) maka permukaan kristal berkurang kadar oksigen, aliran electron yang terhalang dapat mengalir dan konduktivitas SnO2 meningkat.
Resistansi SnO2 dapat dihitung :
B

Rs = tahanan sensor
A = konstan spesifik bahan sensor
C = gas konsentrasi
α = karateristik kemiringan Rs terhadap material gas

              b) ChemFET
ChemFET adalah sebuah field effect taransistor kimia. Sensor ini mendeteksi H2 di udara, O2 didarah, dan beberapa gas yang digunakan dalam militer seperti NH3, CO2, dan explosive gas.

V

Operasi pada ChemFET membutukan tegangan agar silicon dan gate elektroda dapat bekerja, Pada saat cairan yang dianalisa memilki konsentrasi bahan H2/O2 atau yang lainnya maka electron pada permukaan semikonduktor akan membentuk jalan konduksi antara souce-drain, jadi ChemFET bekerja seperti tahanan-konduktansi, konduktansi inilah yangdapat diukur pada op-amp (diferensiator).

        2) Complex Sensor
adalah sensor yang tidak langsung menghasilkan besaran listrik, akan tetapi membutuhkan transduser lainnya dalam cara kerjanya.
Contohnya:

            a) Biochemical sensor
Sensor ini digunakan untuk mendeteksi organisme, sel, organel, enzim, receptor, antibodi, dan lainnya.

O

Cara kerja biochemical sensor
Elemen sensor disini biasanya digunakan bioreactor untuk mendeteksi dan memberikan respon biosensor, kemudian akan dianalisa secara difusi, reaksi dari bireactor, koreaktans, interfering species dan kinetiknya. Contoh aplikasi lain dari sensor kimia adalah sensor pH, sensor gas, sensor ledakan, dll.

2. SENSOR FISIKA
Adalah sensor yang mendeteksi suatu besaran berdasarkan hukum – hukum fisika. Contohnya adalah :
a.Sensor suhu
b.Sensor suara
c.Sensor cahaya
d.Sensor tekanan
e.Sensor kecepatan, dll.

Referensi : http://do-stupid-things.blogspot.com/2010/05/sensor-kimia-chemical-sensor.html
https://digitallaboratory.wordpress.com/2010/01/21/macam-macam-sensor/
http://elektroarea.blogspot.com/2009/01/sensor-sensor-adalah-peralatan-yang.html

Tinggalkan komentar